Download Folder
BAB
1
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah
Pusat kesehatan masyarakat atau yang lebih dikenal
dengan nama puskesmas merupakan pusat pelayanan kesehatan strata pertama yang
diharapkan mampu menyelenggarakan pembangunan kesehatan yang terpadu dan
menyeluruh untuk menunjang pembangunan bangsa. Visi pembangunan kesehatan yang
diselenggarakan oleh puskesmas adalah tercapainya kecamatan sehat menuju
terwujudnya Indonesia sehat. Salah satu indikator kecamatan sehat yang ingin
dicapai adalah cakupan pelayanan kesehatan yang bermutu. Puskesmas akan selalu
berupaya menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan standar dan
memuaskan masyarakat, mengupayakan pemerataan pelayanan kesehatan serta
meningkatkan efisiensi pengelolaan dana sehingga diharapkan mutu pelayanan
kesehatan di puskesmas akan terjamin.
Upaya menjamin kualitas pelayanan publik yang
dilaksanakan oleh setiap elemen di puskesmas diharapkan mampu meningkatkan
kualitas maupun kuantitas dari pelayanan puskesmas. Hal ini sesuai dengan
keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara nomor 81/1993 yang menyebutkan bahwa
layanan prima adalah layanan yang memberikan kepuasan kepada pelanggan atau
pemakai jasa. Pelayanan yang diberikan oleh puskesmas tidak hanya meliputi segi
medis saja, tetapi juga harus memperhatikan segi nonmedis. Sebagai contoh yaitu
keramahan dan kesopanan dalam melayani konsumen serta kejelasan informasi yang
diberikan akan mempengaruhi
penilaian masyarakat atas pelayanan yang didapatkan.
Salah satu bentuk pelayanan di puskesmas adalah
pelayanan rawat inap. Rawat inap
Puskesmas Bareng pada Januari 2012 melayani 173 pasien. Dengan kondisi seperti
ini, memungkinkan pasien dan keluarga menemukan berbagai kesan dan masalah yang
dialami selama di puskesmas terutama terkait dengan pelayanan rawat inap. Pada
bulan Desember 2011, muncul keluhan dari keluarga pasien yang dirawat di
Puskesmas Bareng tentang seragam petugas di ruangan. Sejak saat itu, terus
dilakukan perbaikan pelayanan di puskesmas, khususnya di rawat inap. Oleh sebab
itu, dirasa penting bagi peneliti untuk bisa menilai tingkat kepuasan
masyarakat terhadap pelayanan rawat inap di Puskesmas Bareng Kecamatan Bareng
Kabupaten Jombang.
1.2
Rumusan Masalah
Bagaimana tingkat kepuasan masyarakat
terhadap pelayanan rawat inap Puskesmas
Bareng Kabupaten Jombang?
1.3
Tujuan Penelitian
1.3.1
Tujuan Umum
Mengetahui tingkat kepuasan masyarakat
terhadap pelayanan rawat inap
Puskesmas Bareng Kabupaten Jombang.
1.3.2
Tujuan Khusus
1.
Mengetahui
karakteristik masyarakat (usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan) penerima
pelayanan rawat inap Puskesmas Bareng Kabupaten Jombang.
2.
Mengetahui penilaian
masyarakat tentang prosedur pelayanan
di rawat inap.
3.
Mengetahui penilaian
masyarakat tentang persyaratan pelayanan
di rawat inap.
4.
Mengetahui penilaian
masyarakat tentang kejelasan petugas pelayanan
rawat inap.
5.
Mengetahui penilaian
masyarakat tentang kedisiplinan petugas
pelayanan rawat
inap.
6.
Mengetahui penilaian
masyarakat tentang tanggung jawab
petugas pelayanan rawat inap.
7.
Mengetahui penilaian
masyarakat tentang kemampuan
petugas pelayanan rawat inap.
8.
Mengetahui penilaian
masyarakat tentang kecepatan pelayanan
rawat inap.
9.
Mengetahui penilaian
masyarakat tentang keadilan mendapatkan
pelayanan di rawat
inap.
10.
Mengetahui penilaian
masyarakat tentang kesopanan dan
keramahan petugas rawat
inap.
11.
Mengetahui
penilaian masyarakat mengenai kewajaran
biaya pelayanan rawat inap.
12.
Mengetahui
penilaian masyarakat mengenai kepastian
biaya pelayanan rawat inap.
13.
Mengetahui
penilaian masyarakat mengenai kepastian
jadwal pelayanan rawat inap.
14.
Mengetahui
penilaian masyarakat mengenai kenyamanan
lingkungan rawat inap.
15.
Mengetahui
penilaian masyarakat mengenai keamanan
pelayanan rawat inap.
1.4
Manfaat Penelitian
1.4.1
Bagi Puskesmas Bareng
Hasil
penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk lebih
meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Bareng.
1.4.2
Bagi Masyarakat
Hasil
penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan
kesehatan di Puskesmas Bareng sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan yang
lebih baik dan lebih memuaskan.
1.4.3
Bagi Clinical Posting Senior
Clinical
Posting Senior dapat mengetahui keadaan nyata di
Puskesmas, memperoleh pengetahuan mengenai tingkat kepuasan masyarakat terhadap
pelayanan Puskesmas Bareng sehingga dapat dijadikan bahan penelitian untuk
dapat dirumuskan suatu
alternatif pemecahan masalah dan
rencana tindak lanjut demi mengatasi permasalahan yang ada.
No comments:
Post a Comment