Saturday, September 28, 2013

TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN UNIT RAWAT INAP PUSKESMAS BARENG KECAMATAN BARENG KABUPATEN JOMBANG

Download Folder

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang Masalah
Pusat kesehatan masyarakat atau yang lebih dikenal dengan nama puskesmas merupakan pusat pelayanan kesehatan strata pertama yang diharapkan mampu menyelenggarakan pembangunan kesehatan yang terpadu dan menyeluruh untuk menunjang pembangunan bangsa. Visi pembangunan kesehatan yang diselenggarakan oleh puskesmas adalah tercapainya kecamatan sehat menuju terwujudnya Indonesia sehat. Salah satu indikator kecamatan sehat yang ingin dicapai adalah cakupan pelayanan kesehatan yang bermutu. Puskesmas akan selalu berupaya menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan standar dan memuaskan masyarakat, mengupayakan pemerataan pelayanan kesehatan serta meningkatkan efisiensi pengelolaan dana sehingga diharapkan mutu pelayanan kesehatan di puskesmas akan terjamin.

Upaya menjamin kualitas pelayanan publik yang dilaksanakan oleh setiap elemen di puskesmas diharapkan mampu meningkatkan kualitas maupun kuantitas dari pelayanan puskesmas. Hal ini sesuai dengan keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara nomor 81/1993 yang menyebutkan bahwa layanan prima adalah layanan yang memberikan kepuasan kepada pelanggan atau pemakai jasa. Pelayanan yang diberikan oleh puskesmas tidak hanya meliputi segi medis saja, tetapi juga harus memperhatikan segi nonmedis. Sebagai contoh yaitu keramahan dan kesopanan dalam melayani konsumen serta kejelasan informasi yang diberikan akan mempengaruhi penilaian masyarakat atas pelayanan yang didapatkan.
Salah satu bentuk pelayanan di puskesmas adalah pelayanan rawat inap. Rawat inap Puskesmas Bareng pada Januari 2012 melayani 173 pasien. Dengan kondisi seperti ini, memungkinkan pasien dan keluarga menemukan berbagai kesan dan masalah yang dialami selama di puskesmas terutama terkait dengan pelayanan rawat inap. Pada bulan Desember 2011, muncul keluhan dari keluarga pasien yang dirawat di Puskesmas Bareng tentang seragam petugas di ruangan. Sejak saat itu, terus dilakukan perbaikan pelayanan di puskesmas, khususnya di rawat inap. Oleh sebab itu, dirasa penting bagi peneliti untuk bisa menilai tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan rawat inap di Puskesmas Bareng Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang.

1.2    Rumusan Masalah
Bagaimana tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan rawat inap Puskesmas Bareng Kabupaten Jombang?

1.3    Tujuan Penelitian
1.3.1        Tujuan Umum
Mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan rawat inap Puskesmas Bareng Kabupaten Jombang.


1.3.2        Tujuan Khusus
1.        Mengetahui karakteristik masyarakat (usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan) penerima pelayanan rawat inap Puskesmas Bareng Kabupaten Jombang.
2.        Mengetahui penilaian masyarakat tentang prosedur pelayanan di rawat inap.
3.        Mengetahui penilaian masyarakat tentang persyaratan pelayanan di rawat inap.
4.        Mengetahui penilaian masyarakat tentang kejelasan petugas pelayanan rawat inap.
5.        Mengetahui penilaian masyarakat tentang kedisiplinan petugas pelayanan rawat inap.
6.        Mengetahui penilaian masyarakat tentang tanggung jawab petugas pelayanan rawat inap.
7.        Mengetahui penilaian masyarakat tentang kemampuan petugas pelayanan rawat inap.
8.        Mengetahui penilaian masyarakat tentang kecepatan pelayanan rawat inap.
9.        Mengetahui penilaian masyarakat tentang keadilan mendapatkan pelayanan di rawat inap.
10.    Mengetahui penilaian masyarakat tentang kesopanan dan keramahan petugas rawat inap.
11.    Mengetahui penilaian masyarakat mengenai kewajaran biaya pelayanan rawat inap.
12.    Mengetahui penilaian masyarakat mengenai kepastian biaya pelayanan rawat inap.
13.    Mengetahui penilaian masyarakat mengenai kepastian jadwal pelayanan rawat inap.
14.    Mengetahui penilaian masyarakat mengenai kenyamanan lingkungan rawat inap.
15.    Mengetahui penilaian masyarakat mengenai keamanan pelayanan  rawat inap.

1.4    Manfaat Penelitian
1.4.1        Bagi Puskesmas Bareng
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Bareng.
1.4.2        Bagi Masyarakat
Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan  pelayanan kesehatan di Puskesmas Bareng sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan yang lebih baik dan lebih memuaskan.
1.4.3        Bagi Clinical Posting Senior

Clinical Posting Senior dapat mengetahui keadaan nyata di Puskesmas, memperoleh pengetahuan mengenai tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Puskesmas Bareng sehingga dapat dijadikan bahan penelitian untuk dapat dirumuskan suatu alternatif  pemecahan masalah dan rencana tindak lanjut demi mengatasi permasalahan yang ada.

No comments: